Welcome

Cara Mempertahankan Bisnis Di Era New Normal

Merintis bisnis yang prospektif juga bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang saat ini secara finansial telah terimbas pandemi. Bagaimana langkah memulai bisnis di tengah pandemi dan kelesuan ekonomi seperti saat ini? Selama pandemi, sebagian besar aktivitas dilakukan secara virtual melalui sarana digital. Menyesuaikan dengan kondisi ini, kamu bisa berfokus untuk menyediakan produk dan jasa melalui web. Kamu pun bisa melakukan hal yang sama dengan mencari tahu apa yang sulit masyarakat dapatkan di tengah pandemi seperti sekarang, dan memanfaatkannya sebagai langkah awal menjalankan bisnis. Mengutip foundr.com, kebijakan menjaga jarak sosial dan tinggal di rumah yang diterapkan selama pandemi Covid-19, membuat orang-orang mencari cara baru untuk tetap bugar dan sehat, sementara fitness center ditutup.

Hasil analisis alokasi dana desa di tingkat desa, organisasi yang memanfaatkan, dan bentuk organisasi berdasarkan tipologi desa. Menganalisis alokasi dana desa di tingkat desa, organisasi yang memanfaatkan, dan bentuk organisasi berdasarkan tipologi desa. Menganalisis kinerja perdagangan internasional produk pertanian dalam intra-ASEAN dan extra-ASEAN. Dalam dua tahun terakhir ini Pemerintah memberikan perhatian yang sangat besar dalam pengembangan infrastruktur air untuk pertanian lahan kering. Hanna yang dirumahkan akibat toko tempatnya bekerja tutup, akhirnya mulai serius dengan bisnis jastipnya.

Ini menjadi peluang karena di situasi seperti ini banyak orang yang enggan atau takut terlalu banyak keluar rumah bahkan hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Head of Commercial Zilingo, Melina Marpaung mengatakan, situasi saat ini memberi tantangan besar bagi semua industri. “Beberapa aspek yang harus dipertimbangkan oleh para pelaku usaha dalam menjaga kelangsungan operasi serta kesehatan bisnis mereka,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/9). Yasa bercerita bahwa bisnis yang sudah dijalankannya sejak semester pertama sewaktu kuliah ini juga terkena dampak dari pandemi yang saat ini sedang terjadi di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Bahkan ia sendiri telah merasakannya sejak Januari, sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang warga Indonesia yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Supply chain bisnisnya terganggu karena bahan pasokan dari Tiongkok terhambat.

Cara berbisnis dalam masa pandemik

Soroti bahwa Anda sudah kembali melakukan bisnis dan telah memperluas layanan atau mengubah lokasi Anda. Sebuah survei juga menemukan bahwa 39% pemilik usaha kecil khawatir mereka tidak akan menghasilkan cukup keuntungan untuk yakin pembukaan kembali menjadi bermanfaat. Bahkan orang-orang yang sebelumnya menggambarkan diri mereka sebagai orang yang berkepala dingin memiliki banyak alasan untuk merasa gelisah sekarang. Ketika orang-orang mencoba yang terbaik untuk menghadapi cara hidup sekarang, banyak yang mengubah preferensi dan pola pengeluaran mereka.

Bekerja dari rumah di era Covid-19 memunculkan berbagai ide bisnis di masa pandemi. Sobat perlu buat strategi bisnis terlebih dahulu, karena selama pandemi ini semua orang tidak bisa kemana-mana, mall dan toko pun tutup. Ini menjadi masa “peralihan” orang-orang dari kebiasaan belanja datang ke supermarket, mesti pegang produk, lihat-lihat ke arah digital, serba online semua. Perusahaan dalam memberikan jasanya hanya terbatas pada fungsi administratif. Kadangkala para pemula dalam dunia bisnis, tergesa-gesa ingin membesarkan bisnis dengan menggelontorkan modal banyak.

Namun ada juga perusahaan yang dengan sangat terdesak merumahkan karyawan. Liputan6.com, Jakarta – Banyak perusahaan mengubah cara mengelola bisnisnya karena adanya pandemi Corona. Langkah tersebut terpaksa dilakukan untuk mencegah perusahaan gulung tikar. Sebagai contoh, melihat perjalanan berdirinya perusahaan The Walt Disney, kebutuhan masyarakat akan hiburan di tengah masa depresi menjadikan perusahaan tersebut sukses besar. Fahmy mengingatkan, walau muncul beragam jenis bisnis baru, kapasitas bisnis tersebut relatif kecil, sehingga, tidak akan membuka lapangan pekerjaan secara signifikan.

Ia mengatakan, di era pandemi seperti sekarang ini untuk kerja juga lebih banyak di rumah. Ada beberapa yang harus diperhatikan untuk mulai usaha, yakni improve character, yang artinya tergantung karakter. Pintar saja dinilainya tidak cukup, karena orang pintar cenderung sombong, padahal sombong sulit untuk sukses, sehingga karakter memang sangat penting. Kediri – Motivator sekaligus pengusaha Helmy Yahya membagikan tips peluang usaha di masa pandemi COVID-19 yang dinilai masih cukup bagus. Untuk menghadapi persaingan, menurutnya, bisnis baru harus mampu menemukan apa yang menjadi pembeda dan hal yang unik dari kuliner yang kita sajikan.

Smart Bakers dan orang lain dapat memanfaatkan stiker ini untuk me-mention akun bisnis yang dipromosikan melalui story. Hasilnya, akan semakin banyak orang baru yang melihat dan mengenal bisnis Smart Bakers. Selain makanan dan minuman, Aidil mengungkapkan bisnis yang bisa laku keras saat pandemi adalah menjual bibit tanaman hidroponik. Modal untuk menjalankan bisnis ini relatif kecil lantaran hanya membeli bibit, media tanam, pupuk, dan air. Pandemi virus Corona memaksa kita semua untuk bisa bertahan dari segala macam cobaan, salah satunya ekonomi. Selama pandemi banyak masyarakat Indonesia yang terdampak, misalnya terkena pemutusan hubungan kerja .

Tidak hanya memperluas jangkauan bisnis, networking juga dapat menambah wawasan baru, membuka kesempatan kerja sama dan peluang bisnis baru, atau bahkan menciptakan inovasi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Sebaliknya, perencanaan adalah suatu keharusan agar tetap dapat bertahan. Perencanaan melibatkan banyak aspek bisnis yang berbeda, maka dari itu pilihlah ide bisnis yang kiranya mampu dan sesuai dengan diri Anda agar Anda tetap dapat bertahan di tengah pandemi ini. Banyak diskusi tentang pusat pandemi virus corona tentang kemungkinan gelombang kedua dan kapan. Hasil jajak pendapat Juli 2020 dari pemilik usaha kecil di AS menemukan 65% dari mereka khawatir akan tutup lagi atau tetap tidak beroperasi karena gelombang kedua terjadi. Jika bisnis Anda mengalami masalah arus kas, pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman yang tersedia dari penyedia kartu kredit.

Perencana Keuangan, Safir Senduk mengatakan, ada wabah ataupun tidak, kebutuhan tetap jalan terus. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar roda bisnis bisa terus berjalan. Di dalam kondisi yang sesulit apapun, Anda sebagai pengusaha harus selalu tetap optimis.