Welcome

Dosen Stie Balikpapan Menjadi Narasumber Pelatihan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan berbagai peluang bisnis yang menjanjikan berkaitan dengan bidang Renewable Energy di Indonesia. [newline]Salah satu hal menarik dari pemaparan beliau adalah bahwa perjalanan beliau dalam memutuskan mendirikan Start Up Company dibidang ini bukan suatu yang instan, dan hal ini dibuktikan dengan perjalanan panjang dalam menyusun business plan yang beliau tekuni lebih dari 6 bulan. Perjalanan panjang tersebut meliputi survey pasar hingga mencari calon customer/client bisnisnya. Kepala Biro Administrasi Akademik, Kelembagaan, dan Kerjasama , Dr. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I., menyatakan bahwa kegiatan bertajuk ‘Workshop Penguatan Pengetahuan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolahan Keuangan Perguruan Tinggi’ ini sangat penting untuk pencegahan korupsi. Sekaligus untuk mengetahui pencatatan laporan keuangan perguruan tinggi yang baik sesuai dengan standar yang berlaku. Termasuk menciptakan sistem keuangan perguruan tinggi yang efektif serta mencegah tindakan korupsi dalam pengelolaan keuangan. Terkait itu, Prasetyantoko menjelaskan, bahwa peran AFPI dalam mensiosisialisasikanfintech peer to see lendingagar tidak menjadi korban pinjol adalah dengan memastikan bahwa pelaku usaha dibidangpeerto peermempunyaicode of conductyang seragam.

Dipandu oleh Ni Putu Sri Harta Mimba, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CMACMA., webinar yang diikuti berbagai kalangan ini menghadirkan narasumber seperti Rizki Ernadi Wimanda ; Dr. Aviliani, S.E., M.Si ; serta perwakilan BAPPEDA Provinsi Bali. “Melalui SURYA ini bisa dilakukan diskusi dengan para pakar di bidangnya dengan melibatkan stake holder terkait,” sebut Trisno Nugroho. BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM – Ada anggapan dari beberapa orang masyarakat Aceh yang menyatakan bahwa serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh tahun 2021 berjalan lambat. Namun, Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA menjelaskan, jika dibandingkan dengan serapan anggaran pada periode yang sama di tahun sebelumnya, maka serapan anggaran tersebut berada pada batas regular. Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan mengungkap modus pengedar dengan mengemas sabu-sabu ke dalam plastik beras bantuan sosial .

Contoh nyata yang disampaikan oleh Andi T Salahuddin, salah satu narasumber pada FGD ini, yakni ketika terjadi kasus meledaknya pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang. Kasus meledaknya pabrik petasan tersebut menewaskan forty seven korban jiwa, dan seluruh korbannya merupakan karyawan pabrik tersebut. Seperti yang dikutip dari detik.com, pelaku bisnis pabrik petasan tersebut dinyatakan melanggar peraturan, diantaranya mempekerjakan karywan di bawah umur, upah kerja tak layak, serta pendirian pabrik petasan yang jaraknya 10 meter dari SMPN 1 Kosambi, yang juga dekat dengan pemukiman warga. Sehingga dalam acara tersebut Bea Cukai khususnya Kanwil Bea Cukai Jakarta mengajak para UMKM untuk menggunakan fasilitas yang diberikan Bea Cukai. Harapannya dengan menggunakan fasilitas KITE IKM, dapat menimbulkan peningkatan dan perluasan kegiatan ekspor yang dilakukan oleh UMKM, sehingga mendorong peningkatan perekonomian Indonesia.

Menjadi salah satu narasumber dalam bisnis

Berbagai aktivitas ini akhirnya akan meramaikan konsep kawasan Digital Hub dan semakin meningkatkan potensi kawasannya. Terlebih saat berbagai komunitas digital dan perusahaan-perusahaan startup ini telah diterima dan membuahkan berbagai hasil yang bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan dari kolaborasi ini juga akan terus memunculkan berbagai inovasi sehingga perusahaann yang bergabung di Digital Hub akan terus berkembang dari sisi teknologi maupun bisnisnya. “Dengan mulai dilakukannya vaksinasi kita berharap bisa berdampak kepada tingkat kepercayaan konsumen dan pelaku usaha agar Bali kembali bertumbuh,” tukasnya.

Bawang merah yang dihasilkan dari budidaya benih biji TSS memiliki prospek yang tinggi untuk pasar ekspor. Willy Agusman, pemilik perusahaan ekspor bawang merah PT Binagloria Enterprindo mengungkapkan bahwa efektivitas bawang merah TSS untuk ekspor bisa mencapai ninety persen. Efektivitas ini jauh lebih tinggi daripada bawang merah Bima yang selama ini menjadi primadona tujuan ekspor.

Berikutnya, sesi dilanjutkan oleh Rudi Hartono dengan tema “Pengetahuan Dasar dan Aturan Usaha Online”. Rudi menjelaskan bahwa meski potensi berbisnis secara daring memang menggiurkan, namun diperlukan niat sungguh-sungguh dan usaha yang keras agar bisnis daring dapat berjalan secara lancar. Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Koperasi dan UKM menetapkan empat strategi transformasi usaha mikro kecil dan menengah agar UMKM naik kelas dan koperasi jadi trendy. Selain itu, pembekalan yang disampaikan oleh para praktisi ini diharapkan dapat segera dipraktikkan langsung oleh para UMK.

Untuk rencana ke depan, prodi PBSI akan memperluas kerjasama dengan sekolah, dunia usaha dan industri, serta perguruan tinggi lainnya untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja. Penghargaan yang pernah diperoleh oleh prodi PBSI ini yakni sebagai Duta Batik dalam rangka melestarikan budaya nasional. Selain itu, salah satu lulusan memperoleh kepercayaan sebagai narasumber dalam Seminar Akademik Inovasi dan kreativitas yang diselenggarakan oleh P4TK Bahasa, dan para dosen prodi PBSI merupakan penulis aktif diberbagai media massa. Jaring kerjasama dengan berbagai pihak juga terus diperluas, baik dengan dunia sekolah, dunia usaha atau industri hingga perguruan tinggi. Hal ini tentunya tak lain untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja, bahkan menjadi seroang pencipta lapangan kerja. “Menjadi triger point untuk berpikir lebih jauh. Selain itu, webinar ini sebagai penambah ilmu, informasi, dan pengalaman baru serta membangun networking di antara peserta maupun pembicara,” ungkap Okty.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Salah satu pertanyaan menarik yang dikemukakan peserta diantaranya adalah tentang hukum-hukum yang terkait dengan promosi usaha di media sosial. Narasumber menjelaskan bahwa hukum yang spesifik terkait dengan promosi sejauh ini belum ada selama kita mengikuti aturan atau prosedur promosi yang diterapkan penyedia platform dan tidak melanggar UU ITE. Business Talk yang dibuat oleh Jarvis merupakan platform diskusi bagi para pebisnis yang membantu dalam pengembangan ide bisnis, tinjauan industri, dan solusi tantangan bisnis pasar. Program Business Talk ini membantu para pelaku bisnis dapat berkonsultasi langsung dengan Jarvis Advisory dalam pengembangan bisnis mereka. Bagi para pelaku bisnis yang ingin merambah ke dunia digital, Tibyani menyarankan untuk langkah awal perlu meningkatkan pengetahuannya tentang teknologi yang bisa mendukung digitalisasi bisnis.