Welcome

Inilah Alasan Mengapa Bisnis Multi Level Marketing Haram

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

Intinya begini, kita bisa mengembangkan sistem distribusi yang berlapis dan efisien baik dari sisi penjual maupun konsumen. Misalkan, suatu perusahaan MLM menjanjikan bonus 50 ribu dolar AS pada akhir tahun. Dengan perbandingan 0,3 persen dari harga produk dan bonus 99,7 persen ini, pasti membuat setiap orang yang membeli produk serta ikut jaringan bertujuan mendapatkan bonus.

Sehingga member yang bergabung belakangan, akan sulit untuk sukses. Kalau kamu memutuskan untuk bergabung dan mulai menawarkan produk atau melakukan prospek ke calon anggota, sebagian besar dari mereka pasti akan menolaknya. Penyebabnya biasanya karena mannequin bisnis ini yang tidak umum, berbeda dengan bisnis-bisnis konvensional yang telah membudaya di Indonesia.

Inilah yang diiming-imingkan ketika seseorang mencari member baru. Pada umumnya, jenis ini hanya memberikan bonus yang besar pada awal tahap karir saja sebagai bentuk pemikat dan pembuktian bahwa menjalankan bisnis MLM jenis binary ini sangat mudah. Namun kenyataanya, sistem ini malah lebih menguntungkan mereka yang sudah bergabung di tahap awal. MLM atau Multi Level Marketing adalah salah satu bentuk advertising atau pemasaran yang saat ini sudah banyak digeluti oleh banyak orang.

Tapi member yang sudah bergabung di jaringan saya sudah cukup banyak. Yang saya lakukan hanya mereferensikan hyperlink net replika milik saya, selanjutnya semua dilakukan oleh tim Blakblakan, enak ya hehehe. Sampai sekarang, saat saya menulis artikel ini, bisnis MLM on-line bersama Blakblakan+Golden Life sudah memberikan penghasilan rutin setiap minggunya ke rekening saya. Tidak banyak memang – belum – karena saya baru menjalankannya sekitar satu setengah bulan. Bagaimana kalau sudah menjalankannya selama 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun?

Mengikuti bisnis MLM

Ya, nggak heran sih karena memang tidak semua MLM itu benar. Jika Anda memiliki kebutuhan terkait pembelian / demo produk Accurate Online, silakan klik “Mulai Chat” dan tuliskan pertanyaan Anda. MLM sistem matrix ini akan mengembangkan jaringannya dengan menggunakan konsep tiga frontline saja, begitu pula hingga kebawahnya.

Anda juga dapat menggunakan social media sebagai salah satu alat untuk memperoleh jaringan bisnis. Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnis Anda. Misalnya jika Anda menjual produk dapur, Anda dapat mengikuti komunitas memasak atau komunitas ibu-ibu lainnya yang ada di social media. Selain Anda dapat menemukan perception baru mengenai bisnis, Anda juga dapat mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan target audience Anda. Dengan skema tersebut, banyak orang tertarik untuk mendaftar dan menjadi anggota dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, hal ini perlu diwaspadai karena proses bisnis yang dijalankan tidaklah jelas.

Tujuan anggota MLM ini bukan untuk mendapatkan produk, melainkan ingin bonus saja. Misalkan, beberapa perusahaan MLM mengharuskan membeli suatu produk sebagai syarat keanggotaan dan bisa mendapatkan bonus dari pemasaran barang. Demikian juga bonus yang dijanjikan dengan harga produk dan jerih payahnya memasarkan barang tidaklah sebanding dengan bonus yang diterima.