Welcome

Manisnya Madu Hutan Jadi Andalan Ekonomi

Tak disangka, secara mendadak Hidayat yang memimpin operasional perusahaan itu diberhentikan sepihak oleh rekan bisnisnya. “Saya tidak menyangka padahal selama lima tahun bekerja sama, hubungan kami baik-baik saja,” katanya. Perusahaan yang dibangun dengan modal Rp 100 juta tersebut saat itu memiliki aset senilai Rp 1,three miliar. Lewat tangan dingin pengusaha yang biasa dipanggil Hidayat ini, CV Madu Apiari mampu bersaing di pasar madu kemasan nasional. Perusahaan yang terkenal dengan merek Madu Mutiara Ibu ini juga berhasil membuat beragam produk turunan madu seperti sampo, sabun cair, tetes mata, propolis, royal jelly, dan sebagainya.

Berjualan madu

Madu kw alias palsu tersebut beredar di wilayah Lebak, Banten. “Kami menyediakan madu berbagai jenis dan ukuran kemasan. Untuk kemasan, kami menyediakan kemasan mulai dari 250 ml, 500 ml dan 1 liter,” kata Afif menjelaskan produknya. Mulai awal pandemi, tren konsumsi madu meningkat di tengah masyarakat.

Untuk membuat kemasan dan membangun merek, sudah pasti akan menambah biaya. Tapi itu tidak sia-sia karena, kemasan adalah sarana pengenalan keunggulan dan keunikan poduk, dan membangun merek adalah investasi jangka panjang. Madu Klanceng memiliki warna, aroma dan rasa madu yang berbeda setiap sarangnya. Hal ini terjadi karena lebah mengumpulkan nektar dari berbagai macam bunga . Dengan tagline “Mandirikan Desa Sejahterakan Rakyat”, media ini menerapkan konsep jurnalisme sensitif, kritis,dan solutif.

Jika merujuk pada ciri-ciri tersebut monyet ini merupakan jenis Macaca nigra yang habitat aslinya berada di Sulawesi Utara. Setiap botol yang dibeli konsumen, akan tertera nomor kotak stup, tempat madu dipanen. Sebelumnya, mereka juga patah arang dengan madu karena dinilai kurang ekonomis. Tahun 2007, harga madu petani Rp15.000-Rp20.000 per botol dengan isi sekitar 600 ml. “Misal, kalau dulu, warga memeras madu mengunakan tangan.

Untuk madu lebahteuweulharganya tiga kali lipat karena khasiatnya lima kali lipat lebih bagus dari madu lebah lokal biasa. Aku merasa diperlakukan tidak adil, karena produsen dari produk tersebut justru tidak dipersoalkan dan tidak diperiksa. [newline]Padahal, si produsen mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari yang aku dapatkan. Penyidik mengatakan yang dikenakan delik atau pemidanaan adalah pihak yang melakukan peredaran barang nya bukan yang memproduksi. Seharusnya sebelum diedarkan dan dipasarkan baik online maupun ke toko, produk pelangsing harus mendapatkan izin BPOM dahulu. Ternyata tidak hanya produk pelangsing sebenarnya, produk skincare, body care, kosmetik, suplemen juga memerlukan izin edar.

Bagi kamu yang ingin memiliki budidaya ternak lebah madu, juga dapat dilakukan. Budidaya lebah banyak dilirik untuk dijadikan sebagai salah satu peluang usaha. Di bawah ini panduan untuk kamu yang menginginkan pengembangan bisnis madu sendiri.

Antara lain seperti molase , glukosa dan fluktosa yang dikemas ke dalam sejumlah jeriken. Barang bukti lainnya yakni three tong besar dan alat pembuatan madu. “Dari pengakuan tersangka sudah beroperasi selama eleven bulan dengan memanfaatkan momentum pandemi covid-19, dimana madu diyakini meningkatkan imun tubuh. Dalam hampir satu tahun tersebut pelaku meraup keuntungan mencapai Rp8 miliar,” ujarnya. Saat ditanya penghasilannya, Junaedi mengaku penghasilannya tidak menentu. Kadang banyak kadang sedikit, bahkan kadang-kadang malah rugi.

Salah satu produk hasil hutan bukan kayu ini mulai banyak diburu oleh masyarakat di pasaran. Meski penjualan agak turun, Heri mengaku sudah nyaman menjual nanas madu. Apalagi, penghasilannya dari jualan nanas madu terbilang lebih besar ketimbang profesi sebelumnya. Selain itu, berdagang nanas juga tidak ribet, cukup mengupas saja. Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat yang berjualan madu di sepanjang Karaenta ini, menuturkan bahwa dua hari lalu 2 orang pengendara motor yang melepaskan monyet tersebut di pinggir jalan.

Mereka juga menawarkan barang dagangannya berupa madu hutan dan tas anyaman serta baju. Kepala Bidang Industri, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kabupaten Lebak, Herisnen, mengatakan, pihaknya terus mendorong usaha kerajinan Baduy, termasuk madu hutan. Sebab, permintaan minuman khas tradisional Baduy itu diminati konsumen warga DKI Jakarta karena dianggap bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Di tengah masifnya sebaran wabah virus Corona Covid 19 saat ini, seluruh warga masyarakat dunia bersatu bergotong royong melawan wabah virus ganas ini. Ketua Riset Bandung Bee Sanctuary menuturkan, ini merupakan salah satu program Riset Hilirisasi Produk Unggulan yang mulai dirancang pada Juli 2019.